Tips Naik Bus via Cipali

Tips Naik Bus via Cipali

Halo semua..

Om mau sharing lagi nih. terutama buat kamu warga Wilayah Cirebon dan Sekitarnya yang sering bolak balik ke Jabodetabek atau Sebaliknya dan ingin naik bus via Cipali.

Sebelum om lanjutkan, sebenarnya banyak angkutan yang bisa menjadi pilihan kamu mau naik apa. Mau naik kereta atau bus. Kalau naik kereta, kamu harus memesan tiket dari jauh hari. Nah gimana kalau kamu ga sempat pesan tiket kereta dan ingin pergi hari itu juga, udah gitu akses kamu jauh dari stasiun. Pilihannya kamu bisa naik transportasi yang tidak kalah cepat dan tidak kalah nyaman, yaitu naik bus.

Om tekankan tidak kalah cepat di sini karena sudah ada Tol Cipali. Kalau sebelumnya bus-bus selalu lewat pantura dengan waktu tempuh 6 – 7 jam, sekarang lewat Tol Cipali cukup hanya dengan waktu 4 – 5 jam. Bahkan om pernah naik bus dari Cirebon ke Slipi waktu belum ada proyek yang bikin macet di Cikarang, ditempuh cuma dalam waktu 3,5 jam!

Dan kenapa ga kalah nyaman, lewat Cipali ibaratnya tinggal menikmati bus yang berjalan lurus di jalan tol dengan kecepatan maksimal. Ga perlu sering berhenti narik dan nurunin penumpang atau merasa ga nyaman karena ada pengamen dan pedagang asongan yang masuk.

Biar gak bingung, kamu harus “tepat” dulu nih biar bisa naik bus Via Cipali. Dimulai dari armada yang tepat, di waktu yang tepat, dan menunggu di tempat yang tepat.

 

1. MEMILIH ARMADA

Banyak pilihan kamu mau naik bus apa. Bahkan bisa dibilang, penumpang bus jurusan Cirebon Kuningan sudah memiliki penumpang militan masing-masing. Ada Luragung, Sahabat, Bhinneka, sampai Setia Negara. Dan dari 4 armada tsb, ada yang lewat Cipali, dan ada yang tidak.

  • Luragung

Luragung sebagian besar unitnya dipastikan lewat Cipali. Bukan karena om penggemar Luragung loh ya. hehe. Tapi emang kenyataannya manajemen Luragung yang sudah memiliki banyak pelanggan memprioritaskan kecepatan waktu bagi penumpang yang ingin cepat sampai ke tujuan dengan lewat Cipali. Kekurangannya, armada Luragung dari Kuningan cuma sampai Jakarta aja, tidak sampai Merak.

Luragung Jayamahe
  • Sahabat

Berbeda dengan Luragung, Sahabat cuma beberapa aja yang lewat Cipali. Kelebihannya ga cuma sampai Jakarta. Tapi sampai Merak. So buat kamu dari Kuningan atau Cirebon yang pengen ke Balaraja, Cilegon, Serang, Merak, bisa menggunakan Sahabat. Beberapa unit yang lewat Cipali adalah Sahabat Silo, Balola, Ababil, dan Baridin.

Sahabat Silo
  • Bhinneka

Sama dengan Sahabat, buat kamu tujuannya ke Pamanukan, Subang, Patrol, Indramayu, Jatibarang & sekitarnya bisa menggunakan Bhinneka. mayoritas armada ini hanya melewati Pantura, meski ada sebagian kecil yang tentu lewat Cipali. Salah satu yang lewat Cipali adalah Bhinneka Patas, tiap beberapa jam sekali berangkat, pool bus di Terminal Pulo Gebang.

Bhinneka Patas
  • Setia Negara

Gak beda jauh dengan Sahabat Bhinneka, Setia Negara hanya beberapa saja yang lewat Cipali. Memang armada ini lebih fokus untuk mengantar penumpang di jalur pantura. Salah satu trayek Cipali yang om rekomendasikan adalah Setia Negara Lengkong.

Setia Negara Lengkong
  • Primajasa

Ini khusus buat kamu yang berdomisili di Bekasi. Tiap 1 jam sekali dari terminal Bekasi, akan berangkat Bus Primajasa jurusan Bekasi – Kuningan. Bus lewat Cipali dan keluar di tol palimanan. Tarifnya flat sesuai kawasan, ga perlu tawar menawar lagi dengan kondektur. Bus ber AC dan ada smoking area. Enak banget ya buat warga Bekasi. hehe

Primajasa Bekasi Kuningan
Tarif Bus Primajasa Kuningan – Bekasi
  • CBU

Dan buat kamu yang beraktivitas di Cikarang juga punya armada. CBU jurusan Cikarang – Sumber. Sama seperti Primajasa, berangkat tiap 1 jam sekali dan tarifnya flat sesuai kawasan. Bedanya nih, CBU ga keluar tol di palimanan. Tapi keluar di Sumberjaya dan lewat Majalengka, Kadipaten, Rajagaluh, Bobos, sampai berhenti di Sumber (terminal Kabupaten Cirebon). Rute ini disediakan bagi warga sepanjang Majalengka, Rajagaluh, Dukupuntang, sampai Sumber yang beraktivitas di Cikarang, Karawang, Bekasi, dan sekitarnya. Jadi biasanya harus ke terminal Harjamukti atau ke Palimanan, cukup menunggu bus di jalan depan rumah.

Rumah orangtua om dilewati bus CBU, dan om pernah coba sekali waktu turun emang nyampe depan rumah. Kekurangannya cuma 1, ga nyampe jakarta wkwk jadi om harus naik KRL dulu ke stasiun Cikarang, disambung ojek pangkalan 15.000 ke terminal Cikarang, baru deh naik CBU.

CBU Sumber Cikarang

 

2. TEMPAT MENUNGGU DAN WAKTU KEBERANGKATAN

  • Dari Jabodetabek

Dari mana kamu mau naik? Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi?

Kalau dari Jakarta, Jakarta Selatan, Barat, Timur, Utara, atau Pusat?

Kalau Dari Jakarta Selatan, Lebak Bulus, Pasar Minggu, atau Kebayoran?

Hehe.. semakin mudah buat kita mau di mana naik bus jurusan Cirebon – Kuningan. Tapi gak mudah dapat bus yang lewat tol Cipali. Contoh kasus om yang domisili di Kebayoran, om bisa naik Putra Luragung Mubarok dari depan Gandaria City jam 10.30 malam. Kalau pengen berangkat di luar jam itu, om bisa ke terminal Lebak Bulus, dari pagi sampai malam tiap 1 jam selalu ada Luragung yang hampir semuanya lewat Cipali. Nunggunya di Pool Bus Luragung ya, samping Pool Sinar Jaya. Dan jangan kaget, kalau berangkatnya akhir pekan pasti berdesakan karena yang mau pulang kampung banyak.

Jadwal Lebak Bulus
Luragung Kumbang, berangkat dari Lebak Bulus tiap jam 2 siang

Dari Jakarta Barat, kamu bisa naik dari Kebon Jeruk dan Kalideres.

Jadwal Luragung Kalideres

Dari Jakarta Pusat, kamu bisa naik dari Kemayoran. Luragung Abdi.

Dari Jakarta Timur, kamu bisa naik dari Pulogebang. Di sana selalu standby Bhinneka AC jurusan kuningan yang selalu ke Cipali.

Untuk yang wilayah Depok, ini jadwalnya

Untuk yang wilayah Bogor, ini jadwalnya.

Untuk wilayah Tangerang, ini jadwalnya.

Wilayah Tangerang Selatan, Pamulang, Ciputat, ini jadwalnya.

Wilayah Bekasi & Cikarang

Terakhir dari Terminal Bekasi dan Terminal Cikarang, kamu bisa naik Primajasa dan CBU seperti yang sudah om share di atas. Tiap 1 jam sekali pasti berangkat, Primajasa dari jam 5 pagi sampai jam 8 malam, dan CBU dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore.

 

  • Dari Kuningan & Cirebon

Pas kembali ke Jakarta. Kamu pengen donk naik lagi bus yang terdekat dengan tempat tinggal kamu atau tempat kamu bekerja? kalo iya, sama kaya om. Contoh, om nunggu di Palimanan. Kalau mau ke Kebayoran, ga mungkin om naik bus yang ke Pulogebang atau Kampung Rambutan, meskipun itu lewat Cipali. Kejauhan cuy. wkwk. paling gak, om harus naik yang ke Slipi atau Lebak Bulus. Dari sana disambung pakai ojek online. nyampe deh.

Biasanya di bus tertempel stiker tulisan “via cipali” buat bus yang lewat Cipali. Jadi di manapun kamu nunggu bus, ga masalah. Tinggal ga usah naik kalau busnya lewat Pantura. Jawab aja kalo calo nanya ke mana tujuan kamu. Misal tujuan Depok pengen naik yang lewat Cipali. Biasanya dia bakal kasih tau jam berapa aja atau berapa lama lagi bus akan lewat. Ga usah takut sama mereka, ga bakal ngerugiin kamu, karena mereka dapat duit ya dari kondektur bus yang nanti bakal kamu naikin. Kalo mereka atau ada kondektur yang maksa naik bus yang bukan tujuan kamu, gampang, ambil handphone, rekam, dan viralkan. wkwkwk

Saran om, kalau kamu udah nyaman dengan 1 bus dan jamnya sesuai dengan keinginan kamu, jangan lupa catat nomor HPnya. Pasti selalu ada nomor HP mereka di kaca depan. Jadikan mereka langganan, dan kamu bisa pesan kursi dulu sebelum berangkat. Telepon ya, sms mah jarang dibales sama kondekturnya.

 

 

Sekian dulu dari om mengenai artikel Tips Naik Bus via Cipali. kalau teman-teman punya saran atau ada pertanyaan mengenai artikel ini, silakan tinggalkan komentar ya. Secepatnya om akan balas.

20 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *