Yuk Beli Rumah Subsidi di Puri Harmoni 8 Parung Panjang. Bagaimana Suasananya?

Halo semuanya! Berjumpa lagi di blog Om Bagus. Kali ini om mau sharing suasana perumahan Rumah Subsidi Puri Harmoni 8 Parung Panjang. Sebelumnya om sudah pernah sharing bagaimana tahapan pengajuan KPR Subsidi dari pengalaman om mulai pencarian rumah sampai tahap akhir yaitu serah terima kunci. Artikel tsb bisa kamu lihat di sini.

Nah sekarang, setelah om selesai serah terima kunci dan melakukan renovasi, om akhirnya bisa menempati rumah subsidi yang om beli. Rumah yang berbulan-bulan om perjuangkan sebagai tempat tinggal om dan anak istri. Dan om ingin berbagi, kenapa om merekomendasikan teman-teman untuk mengambil rumah subsidi di perumahan yang om tempati.

FYI, sebelumnya om mengontrak rumah di wilayah Jakarta Selatan selama 3 tahun, yang mana biaya per bulannya mencapai 2 juta. Kalau dihitung, om sudah mengeluarkan dana 2 juta x 12 bulan x 3 tahun = 72 juta yang om serahkan kepada pemilik kontrakan. Om pun berpikir, siklus ini harus segera diakhiri. Sampai kapan om harus mengontrak rumah dan memperkaya juragan kontrakan. Apalagi saat itu anak om baru lahir dan om harus segera mencari tempat tinggal yang layak untuk pertumbuhan anak om hingga anak om besar.

Mungkin lain ceritanya kalau om punya orangtua atau mertua di ibukota, om bisa menumpang dulu di sana. Tapi orangtua om tinggal di kampung semua, dan om aktivitas di Jakarta. Mau ga mau, om harus bisa survive untuk urusan tempat tinggal tanpa harus ngontrak lagi. Maka pilihannya, om bisa membeli rumah sesuai dengan kemampuan om, yaitu dengan mengikuti program KPR subsidi.

Om pun memutuskan untuk mencari rumah subsidi yang aksesnya dekat dengan stasiun Kereta/KRL. FYI, kantor om dekat Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Palmerah. Jadi om bisa pulang/pergi kantor dari stasiun tsb. Setelah om melakukan riset panjang, kawasan rumah subsidi terdekat dari stasiun Tanah Abang yang keretanya langsung tanpa transit ada di Stasiun Cilebut dan Stasiun Parung Panjang. Itu sudah paling dekat, karena stasiun sebelum stasiun Cilebut dan Parung Panjang harga tanahnya sudah tinggi dan dijual secara Komersil.

Katakan sebelum stasiun Cilebut ada Stasiun Citayam dan Stasiun Bojonggede. Dan sebelum stasiun Parung Panjang ada Stasiun Serpong, Cisauk, Cicayur. Om informasikan, di daerah tsb sudah tidak ada lagi rumah subsidi. Om pun menghitung durasi. Dari stasiun Tanah Abang ke Stasiun Cilebut, waktu tempuhnya 95 menit. Sedangkan dari stasiun Tanah Abang ke Stasiun Parung Panjang, waktu tempuhnya 55 menit. Dengan segala pertimbangan, om memilih Parung Panjang sebagai tempat tinggal om. Di sana sudah banyak sekali project perumahan subsidi. Kalau mau cerita lengkapnya bagaimana pencarian om, bisa dilihat juga di artikel sebelumnya.

Om akhirnya memilih Perumahan Puri Harmoni 8 Parung Panjang yang lokasinya berada di Kabupaten Bogor. Meskipun berbatasan dengan Tangerang, secara administratif masih di bawah pemerintah Kabupaten Bogor. Puri Harmoni 8 Parung Panjang menjadi perumahan subsidi dengan pembangunan terbanyak di Parung Panjang, lebih dari 1000 rumah. Dengan developer terpercaya yaitu Vista Land.

Dan setelah om tempati dan om jalani kehidupan di Puri Harmoni 8 Parung Panjang, ada kebanggaan tersendiri yang om rasakan bersama keluarga. Pertama, alhamdulillah om sudah bisa menempati rumah yang om beli sendiri, tidak ngontrak lagi. Kedua, om bisa merasakan kehidupan bermasyarakat di perumahan ini. Karena semua penghuni di sini adalah pejuang yang ingin mandiri dengan memiliki tempat tinggal. Jadi kita harus saling bergotong royong, tolong menolong, dan guyub rukun demi terciptanya keharmonisan antar warga.

Gerbang Perumahan Puri Harmoni 8

Banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa diikuti di perumahan Puri Harmoni 8 Parung Panjang. Yang mana kalau diikuti semua, om merasa menjadi warga sebenarnya yang bisa hidup bermasyarakat, karena selama om ngontrak di ibukota, tidak ada kebersamaan dan interaksi antar tetangga. Ibarat kata, hidupnya masing-masing aja. Elu ya elu, gue ya gue. Tergantung orangnya juga sih.

Oke lanjut ke suasana perumahan Puri Harmoni 8 Parung Panjang. Dari suasana di perumahan sini, kebutuhan yang bisa kamu dapatkan, akses, dan kegiatan yang bisa diikuti, akan bisa kamu simak melalui uraian ringkas di bawah ini. Biar berurutan, akan om ceritakan dari om bangun tidur sampai om mau tidur lagi.

 

1. SUASANA PAGI YANG SEJUK DAN ASRI

Di sini tuh, kalo pagi suasananya berkabut dan adem banget. Berasa di puncak deh pokoknya. Saat kamu bangun tidur di pagi hari, kamu ga akan nyangka kalau perumahan sesejuk ini lokasinya ga jauh dari Kota Jakarta. Kamu bisa melakukan olahraga pagi seperti lari pagi, bersepeda, atau ngajak anak jalan-jalan. Kalau udah punya anak ya. Kalau jomblo sabar aja dulu. hehe

Yuk Ambil Rumah Subsidi di Puri Harmoni 8 Parung Panjang. Bagaimana Suasananya?
Kabut Pagi Hari di Puri Harmoni 8

 

2. AKSES DAN FASILITAS PUBLIK YANG TERJANGKAU

Lokasi perumahan Puri Harmoni 8 Parung Panjang berada di Desa Cibunar. Kalau aktivitas kamu menuju Stasiun Parung Panjang, kamu bisa naik motor menuju stasiun dengan waktu tempuh 10-15 menit tergantung kecepatan kamu. Motor kamu bisa dititip di penitipan motor warga, ada yang Rp 3000 dan Rp 4000 per hari. Dari mulai jam 4 lewat kereta dari Parungpanjang menuju Tanah Abang telah tersedia dan akan berangkat setiap 10-15 menit sekali. Karena om masuk kerja jam 8.30, om biasa naik kereta jam 06.45 atau jam 07.10. Biaya tiket kereta sebesar Rp 4000 sekali jalan.

Stasiun Parung Panjang

Kalau aktivitas kamu naik motor dan bekerja di BSD, Tangerang, dan sekitarnya, jaraknya antara 40 menit sampai 1 jam tergantung kondisi jalan apakah macet atau tidak. Akses lainnya seperti pasar (Pasar Parung Panjang yang lokasinya dekat stasiun), fasilitas kesehatan (Puskesmas atau klinik), sekolah dari TK sampai SMA, minimarket, tempat wisata, semuanya cukup dekat dari sini.

 

3. KEBUTUHAN YANG BISA KAMU DAPATKAN DI PERUMAHAN

Mungkin kalau di kota, kamu sudah terbiasa memesan makanan lewat online pakai gofood atau grabfood. Nah di sini, kalau kamu mau pesan makan juga bisa loh. Dan itu pasti diantar ke rumah kamu. Siapa yang menjual? Ya tentu saja para penghuni yang sudah lebih dulu menempati rumah. Banyak pekerja yang istri-istrinya berwirausaha di rumah. Yang dijual beraneka ragam, kalau makanan dari mulai bubur ayam, nasi kuning, lontong sayur, nasi uduk, ayam geprek, nasi goreng, mie goreng, kwetiaw, ketoprak, soto ayam, nasi rames, pempek, jus, dan aneka cemilan. Kalau kebutuhan rumah tangga ada parfum laundry, popok bayi, perabot, dll. Di mana kamu bisa memesan semua itu? Di grup WhatsApp Niaga Puri Harmoni 8. Yang banyak menghuni grup tsb kebanyakan ibu-ibu sih, penjual dan pembelinya. Termasuk istri om, kalau lagi ga masak, biasanya pesen makan di grup itu. “Bisa dvo (delivery order) ya bun.” gitu istilahnya.

Grup WhatsApp para warga. Semua kebutuhan sehari-hari bisa kamu dapatkan di sini. Dan kamu juga bisa ikut berjualan di perumahan ini dengan bergabung di grup.

 

4. AKTIVITAS YANG BISA KAMU IKUTI

  • Kerja Bakti Minggu Pagi

Di pagi hari pada akhir pekan, kamu bisa mengikuti kegiatan gotong royong bersama warga dengan melakukan kerja bakti. Aktivitas kerja bakti ini antara lain membersihkan saluran air, memotong rumput liar, dan mengangkat lumpur dari selokan. Kerja bakti ini biasanya dilakukan antara 2 minggu hingga 1 bulan sekali, tergantung kesepakatan masing-masing blok. Kalau di blok om, waktunya 2 minggu sekali. Selain bisa membuat lingkungan kita makin bersih dan nyaman, kerja bakti juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar tetangga yang setiap hari belum tentu bisa bertemu.

Kerja Bakti di Perumahan Puri Harmoni 8

  • Pengajian Bulanan Minggu Pagi

Buat kamu yang minat terhadap kegiatan keagamaan, perumahan Puri Harmoni 8 Parung Panjang telah mengakomodir warganya untuk mengikuti pengajian bulanan hari minggu di minggu keempat setiap bulannya. Lokasinya berada di Musholla Al-Ikhlas. Kegiatannya antara lain berisi pembacaan tahlil dan kajian yang dipimpin oleh seorang ustadz. Tema kajiannya tiap bulan selalu berganti, dari mulai bab akhlak, tauhid, fiqih, dll. Bukan hanya sebagai jemaah, kalau kamu punya ide-ide untuk mengembangkan kegiatan di dalam musholla, kamu juga bisa menjadi pengurus DKM loh.

  • Belajar Al-Quran dan Iqro di Malam Selasa

Selain pengajian bulanan, setiap minggunya juga ada kegiatan pengajian belajar Al-Quran dan Iqro untuk bapak-bapak. Ini kesempatan bagi kita untuk bisa membaca Al-Quran bagi yang belum dan semakin memperlancar bagi yang sudah. Pengajarnya Ustadz Zul, yang juga merupakan warga Puri Harmoni 8 Parung Panjang. Kita harus membunuh malu kita untuk mau belajar membaca Al-Quran, dan melakukannya semua karena Allah.

Pengajian Malam Selasa Bersama Ustadz Zul
  • Tahlil, Belajar Tausyiah, dan Mendengar Tausyiah Malam Jumat

Beberapa hari kemudian pada malam Jumat setelah shalat isya, kita bisa kembali mengikuti kegiatan pengajian malam Jumat. Pengajian malam Jumat berfokus agar kita berani menyampaikan walau 1 ayat. Semuanya akan mendapat giliran untuk belajar tausyiah dan menyampaikannya pada jemaah. Materi yang disampaikan bisa dari apa yang dibaca maupun pengalaman hidup pribadi. Kita tidak perlu takut salah, karena semua adalah bagian proses belajar.

Pengajian Malam Jumat
  • Pengajian Ibu-ibu

Tidak hanya untuk bapak-bapak, para ibu-ibu pun ada kegiatan pengajiannya. Tapi kalau ini om nggak tau detailnya dan kapan jadwalnya, karena om ikut pengajian bapak-bapak wkwkwk

  • Ronda

Tiap malam setiap warga secara bergantian mendapat jatah untuk mengikuti kegiatan ronda. Dalam 1 bulan, tiap orang bisa mendapat 1 kali jadwal ronda. Memang di Puri Harmoni 8 Parung Panjang tidak pernah terjadi aksi kejahatan. Tapi lebih baik mencegah daripada sudah terlanjur terjadi, toh selain bisa menjaga keamanan lingkungan sendiri, juga menjadi ajang silaturahmi dengan tetangga lainnya. Tiap malam ada sekitar 2 sampai 4 orang tergantung hadir semua atau tidak dan waktu rondanya dari jam 1 sampai jam 4 dini hari. Jadi kamu bisa tidur dulu sebelumnya agar besok tidak terlalu ngantuk saat bekerja. Oh iya ini untuk bapak-bapak ya. Ibu-ibu di rumah aja jaga anak 😀

Hasil Jimpitan Warga yang diambil saat Ronda (per malam rata-rata Rp 500 ditaruh di gelas aqua bekas depan rumah masing-masing)
Para Peronda Saat Mengambil Jimpitan
Absen Ronda Warga
  • Makan Bersama Antar Warga Blok

Untuk lebih meningkatkan kebersamaan, biasanya tiap row/gang akan mengadakan kegiatan makan bersama antar warga. Waktunya tidak tentu bisa 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali. Masing-masing memberikan sumbangsihnya ada yang memasak nasi, membeli lauk ke pasar, memasak lauk, membakar ayam, menyumbang minuman, dsb. Semua bergotong royong dalam kebersamaan. Hingga ketika hidangan sudah siap untuk disantap, kita bisa makan bersama deh.

Makan bersama warga per gang

Nah, itu dia yang bisa om ceritakan tentang perumahan Puri Harmoni 8 Parung Panjang. Terbayang kan bagaimana nyamannya dan suasana kekeluargaan yang bisa kamu dapatkan? Kalau kamu tertarik ingin beli rumah di Puri Harmoni 8, silakan hubungi om ya melalui WA di nomor 08176636601. Karena om sekarang sudah menjadi salah satu marketingnya.

Kalau kamu pengen survey, om tunggu hari minggu di rumah om, tepatnya di blok G3 no 43. WA dulu ya untuk membuat janji. Karena kalau senin – sabtu om kerja wkwk. Atau kalau kamu bisanya hari Senin-Sabtu, nanti om arahkan kepada tim di kantor untuk mengantar kamu melihat-lihat rumah. Rumahnya sudah ready loh, sebagian sedang tahap finishing. Jadi tidak seperti rumah subsidi lainnya yang pembangunannya harus indent. Berikut om lampirkan detail rumah yang sedang dibangun, denah perumahan, dan persyaratan.

Rumah yang sedang on progress
Denah Perumahan Puri Harmoni 8
Persyaratan Membeli Rumah Subsidi di Puri Harmoni 8

 

Sekian artikel dari om. Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk tinggalkan pesan di kolom komen atau WA om langsung ya. Om doakan semoga kamu diberikan rezeki yang lancar agar bisa membeli rumah sendiri. Terima kasih sudah membaca 🙂

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *